Semakin banyak Perusahaan
Telekomunikasi di Indonesia yang bersaing dan memiliki keunggulan masing –
masing. Salah satu contoh adalah TELKOMSEL. Dikenal sebagai provider GSM pertama
di ASIA, tentu saja Telkomsel tak luput dari Sejarah dan “Simbol Logo” yang
dibuat memiliki arti tersendiri.
Semakin modern Negara
Indonesia, semakin berkembangnya pula Perusahaan ini dengan menjadikan dirinya
salah satu provider terbaik di Indonesia. Maka dari itu, saya akan menjabarkan
Sejarah, Simbol Lambang, & Perkembanganya hingga kini dari sumber-sumber
yang tersedia.
o
SEJARAH
TELKOMSEL
Telkomsel
merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia yang
pernah meluncurkan layanan pasca bayar pertamanya sekitar tanggal 26 Mei 1995.
Pada saat itu kepemilikan saham Telkomsel dikuasai oleh PT. Telkom (51%) dan
PT. Indosat (49%), dan Telkomsel pernah berhasil menjadi sebuah operator
seluler pertama yang menawarkan layanan prabayar GSM di ASIA pada November
1997. Beginilah sejarah Telkomsel selanjutanya.
Sepanjang
sejarah Telkomsel, operator ini memiliki 3 produk GSM, yaitu simPATI
(Prabayar), kartuAS (Prabayar, kartuHALO (Pasca bayar). Saat ini saham
Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura
SingTel (35%). Telkom merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki
oleh pemerintah Replubik Indonesia, sedangkan SingTel merupakan perusahaan yang
mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Singapura. Pada tahun 1995, secara
resmi Telkomsel mendapat izin untuk memberikan jasa telekomunikasi selular
GSM-nya secara resmi, setelah sebelumnya sukses sebagai pilot project Telkom
dalam proyek percontohan GAM do Batam. Berbeda dengan operator lain, sejarah
Telkomsel dilanjutkan dengan mulai membangun jaringan dan meyani pelangganya
dari luar jawa seperti dari Batam, Medan dan daerah – daerah lainya. Lalu pada
tahun 1996, Telkomsel mulai beroperasi di ibu kota Jakarta dan berhasil
melayani seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya
pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.
Setelah
berhasil meluncurkan produk pasca bayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi
operator yang mempolopori kartu prabayar isi ulang di Asia dengan meluncurkan
produk pertamanya simPATI. Kartu simPATI tersebut diluncurkan saat krisis
ekonomi melanda yaitu sekitar tahun 1997, karena hal itu pula Telkomsel
memberikan solusi kepada para pengguna jasa seluler untuk melakukan
pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal yang mengejutkan, Telkomsel berhasil
mendapatkan sertifikat ISO 9002 untuk Costumer Service On-line dari PT Tuv
Rheinland Jerman, dimana hal tersebut juga berarti menandai layanan pelanggan
Telkomsel bahwa mereka telah memenuhi standarisasi mutu internasional.
Pada tahun
1998, Telkomsel membuat program baru untuk mengembangkan jaringanya dengan
mencanangkan Word Class Operator sebagai tolak ukur standar yang dimilikinya.
Positionin baru unutk kartu prabayar Telkomsel yang dinamai dengan simPATI Nusantara
tersebut bermottokan “simPATI tetap terkendali”. Kartu simPATI sebelumnya hanya
bisa digunakan di area registrasinya saja, namun kini simpati bisa digunakan di
seluruh wilayah di Indonesia.
Pada tahun
2000 Telkomsel juga mempolopori layanan Mobile Banking di Indonesia yang
bekerja sama dengan bank Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Telkomsel
dalam mengintegrasikan system teknologi telekomnikasi dan informasi dalam
system Banking. Sekitar akhir bulan Maret 2009, Telkomsel berhasil memiliki
pelanggan sekitar 72,1 juta orang berdasarkan statistic industry yang mewakili
pangsa pasar dengan perkiraan sekitar 50%. Telkomsel menyediakan layanan
selular di Indonesia melalui produk dual band GSM 900-1800 MHz, jaringan 3G
serta jaringan Internasional melalui 341 Mitra Proaming Internasional di 180
Negara (menurut catatan akhir Maret 2009). Pada September 2006 pun di Telkomsel
berhasil menjadi operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan
jaringan 3G.
Sungguh
sangat beragam dan lika liku perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Berbagai
keberhasilan pun secara perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South
Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G di Indonesia pada tanggal 20 Maret 2009
lalu. Ini merupakan salah satu kesuksesan Telkomsel lainya yang pastinya sangat
membanggakan para pelanggan setianya.
Operator
Telkomsel disebut-sebut memiliki jangkauan jaringan terbesar di Indonesia,
dimana menyediakan jangkauan jaringan yang mencapai lebih dari 95% persen dari
jumlah penduduk Indonesia dan di klaim bahwa Telkomsel merupakan satu – satunya
operator di Indonesia yang mencakup seluruh Negara, Provinsi dan Kabupaten,
baik Kecamatan yang ada di Sumatera, Jawa, mapun Bali. Perusahaan Telkomsel ini
menawarkan GSM dual band (900 dan 1800), GPRS, WiFi, Edge dan teknologi 3G.
Slogan yang
dimilki oleh PT telkomsel adalah “Begitu Dekat Begitu Nyata”. Dengan slogan ini
diharapkan dapat menjadiakn Telkomsel sebagai perusahaan jasa telekomunikasi
bergerak yang paling banyak jumlah pelangganya serta selalu mengutamakan
kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam menyediakan jasa
pelayanan yang terbaik kepada pelangganya.
o SIMBOL LAMBANG TELKOMSEL
§
Lingkaran
Elips Horizontal
Lingkaran yang membelah heksagon tersebut
melambangkan penyelenggara jasa telekomunikasi domestik (PT.Telkom).
§
Lingkaran Elips
Vertical
Melambangkan penyelenggaraan jasa telekomunikasi
Internasional di Indonesia (PT.Telkom) sebagai salah satu “The Founding Father”.
§
Heksagon Merah
Melambangkan seluler, warna merah sendiri bermakna
telkomsel berani dan siap menyongsong masa depan dengan segala kemungkinan.
§
Heksagon
Abu-Abu Kehitaman
Melambangkan Telkomsel selalu siap mengayomi dan
terus memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan warna abu-abu adalah warna logam
yang berarti kesejukan, luwes, dan fleksibel
§
Pertemuan Dua
Lingkaran Berwarna Putih di Atas Heksagon Merah
Melambangkan bentuk huruf ‘t’ sebagai huruf awal
telkomsel. Warna putih pada huruf ‘t’ tersebut mengandung makna keberanian,
keterbukaan, dan transparansi.
o
PERKEMBANGAN
PERUSAHAAN TELKOMSEL
Jakarta, 30
Oktober 2014 - Telkomsel meraih hasil yang memuaskan hingga kuartal ketiga (Q3)
2014 dengan mencatatkan pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh 8,9% YoY
(Year on Year) dan pertumbuhan di segala lini bisnis baik digital (mobile
broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS. Hal ini menjadikan
Telkomsel selama 3 tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid
dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri
telekomunikasi yang telah mature. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan
baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55% dan net INCOME di atas
28%.
Direktur
Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, "Pencapaian ini merupakan buah
kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh stakeholders, sehingga
Telkomsel dapat terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi
selular tanah air dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah
satunya dengan menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara."
Catatan
yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar
32,5% YoY, dimana mobile broadband tumbuh 32.9% YoY dan digital services tumbuh
28.4% YoY. Trafik data juga naik tajam 146.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di
saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan
suara sebesar 7,2% YoY dan SMS sebesar 2,8 YoY.
"Kami
akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi
terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan
layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya
agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Hingga kini
kami telah menjangkau lebih dari 95% dari total poulasi Indonesia, membangun
369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana
37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G", ujar Alex.
§
Percepat
Terbentuknya Masyarakat Digital Indonesia
Saat ini
Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih dari 46% total
pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35.4 juta pelanggan
pengguna smartphone yang
merepresentasikan 25% dari total pelanggan. Untuk meningkatkan penggunaan
mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi
bertajuk "Indonesia Genggam Internet". Program ini diharapkan akan
dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat
positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.
Dalam
menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel
selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat.
Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk
memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Telkomsel pun sebelumnya telah
sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta
dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan
ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.
"Telkomsel
menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah
memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui
lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atau
GraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan 268 mobile GraPari yang siap menembus daerah
pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008",
tutup Alex.
Selain
pertumbuhan pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel
juga mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional
antara lain sebagai Indonesia Mobile Service Provider of the Year dari
Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan
Best Services dari Frost and Sullivan Asia Best Practives in Customer
Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service
dari Selular Award 2014.
Kinerja yang telah dicapai
adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk
masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi
dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab
sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, social ekonomi,
lingkungan dan kebencanaan.
o Kesimpulan
Perjuangan PT Telkomsel ini sangatlah patut
diacungi jempol karena mereka adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA.
Karena inovasinya yang sangat bagus, Telkomsel kini menjadi kartu provider
favorite masyarakat Indonesia karena jangkauan pun yang luas dan mendapatkan
kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah
kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini sehingga dapat mewakili nama
Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang terbaik.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar