Pertama,
supaya waktu yang berjalan di router sesuai dengan waktu lokasi
setempat, maka kita perlu mengatur agar clock di MikroTik mengacu pada
NTP Server. Jika kita memiliki NTP Server sendiri, maka kita tinggal
mengarahkan MikroTik ke NTP Server tersebut, namun jika kita tidak
memiliki NTP Server, maka tidak perlu khawatir karena banyak NTP Server
di luar yang bisa kita gunakan sebagai acuan. Beberapa diantaranya
adalah NTP Server milik LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dengan
URL: ntp.kim.lipi.go.id (203.160.128.6) dan NTP Pool Project dengan
salah satu URLnya: 0.id.pool.ntp.org (202.169.224.16). Untuk
mensettingnya di MikroTik, ketikkan perintah berikut :
/system ntp client set primary-ntp=203.160.128.6 secondary-ntp=202.169.224.16 \ mode=unicast enabled=yes
Kedua,
membuat rule di firewall filter. Dalam hal ini saya ingin memblokir
situs Facebook yang menggunakan port HTTP (80), sehingga selain port
tersebut masih diijinkan. Tujuannya agar pengguna masih dapat menerima
update status facebook melalui email. Untuk mensettingnya ketikkan
perintah berikut :
Ketiga,
membuat script untuk mengaktifkan firewall tersebut selama jam kerja
dan mematikannya pada jam istirahat dan diluar jam kerja. Disini saya
membuat 3 script, yaitu script untuk mengaktifkan (enable) firewall,
script untuk mematikan (disable) firewall serta script untuk dieksekusi
pada hari libur (Sabtu-Minggu) dan hari kerja. Berikut ini scriptnya :
Script untuk disable firewall di hari libur dan enable di hari kerja :
/system
script add name="fb-holiday" policy=write,read,policy,test,sniff
source={:if ([/system scheduler get [/system scheduler find
on-event="fb-deny"] disabled] = true) do [/system scheduler set [/system
scheduler find on-event="fb-deny"] disabled=no] else [/system scheduler
set [/system scheduler find on-event="fb-deny"] disabled=yes]}
Keempat,
membuat schedule untuk menentukan kapan firewall tersebut akan
diaktifkan atau dinon-aktifkan. Disini saya membuat 6 scheduler
berdasarkan jam kerja dan hari kerja, yaitu jam 08:00, jam 12:00, jam
13:00, jam 17:00, hari sabtu-minggu, dan hari senin. Berikut ini
scriptnya :
Schedule untuk mengaktifkan (enable) firewall pada jam kerja (08:00) :
Bagi para pengguna windows, tentunya tidak asing dengan fitur standart
yang ada di windows beserta cara penggunaanya. Namun ada banyak orang
juga yang masih bingung dengan cara penggunaan windows 10 karna
tampilannya yang sudah berbeda dari windows sebelumnya. Di Windows 10
sendiri banyak fitur-fitur baru seperti Multi-desktop, Cortana dan kembalinya Start Menu yang hilang di Windows 8. Paling tidak, ini adalah Tips & Trik Menguasai dasar-dasar fitur dan tampilan Windows 10:
#1: Bermain dengan Start Menu Baru
Setelah
sempat menghilang di Windows 8, kini Start Menu baru hadir di Windows
10, jika dilihat, Start Menu ini seperti gabungan dari Windows 8 dan
Windows 7. Kamu juga bisa melihat Aplikasi Populer atau Aplikasi yang
baru di-install melalui Start Menu ini.
#2: Merubah Ukuran Start Menu Sesuka Hati
Kamu
bisa resize ukuran Start Menu di Windows 10, dengan menggeser setiap
pojok dari Start Menu. Kamu juga bisa mengembalikan Start Menu menjadi
Full Screen ala Windows 8 loh.
#3: Non-Aktifkan Live Tiles di Start Menu
Jika
kamu pernah pakai Windows 8 atau Windows 8.1 tentunya kamu sudah
familiar dan terbiasa dengan Live Tiles. Sama halnya di Windows 10, kamu
juga bisa menon-aktifkan fitur ini jika kamu tidak menyukainya.
#4: Menghapus Tiles / Thumbnail di Start Menu
Jika
kamu merasa aplikasi bawaan Windows 10 tidak begitu berguna dan hanya
memenuh-menuhi Start Menu, Kamu bisa kok menghapus aplikasi-aplikasi
tersebut dan menggantinya dengan aplikasi kamu.
#5: Move & Resize Tiles / Thumbnail di Start Menu
Seperti
yang sudah JalanTikus jelaskan, jika kamu pernah menggunakan Windows 8
atau Windows 8.1 tentunya hal seperti ini sudah menjadi hal yang biasa.
#6: Tombol Shut down & Restart ada di Start Menu
Jika
kamu kesulitan menemukan tombol Shut down dan Restart di Windows 8.
Sebaliknya, di Windows 10 kamu akan dengan mudah menemukan tombol
tersebut, cukup buka Start Menu, maka akan ada tombol Power di sana.
#7: Pin Aplikasi ke dalam Start Menu
Sebagai
pengguna komputer, kita memiliki banyak sekali aplikasi yang
ter-install. Sayangnya, tidak setiap saat kita menggunakan semua
aplikasi tersebut, paling hanya beberapa aplikasi yang sering kita
gunakan, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, atau bahkan Skype dan Yahoo Messenger!
#8: Quick Actions Toggles
Hampir
mirip seperti Android, Windows 10 juga menyediakan toogle versi mereka
sendiri. Jika kamu menggunakan Notebook yang memiliki WiFi atau
Bluetooth, tentu jumlah toggle sendiri akan bertambah banyak.
#9: Udah Ga Jaman Pakai Password, Pakai PIN dong!
Di
Windows 10 sendiri akan lebih optimal jika kamu menghubungkannya dengan
akun Microsoft. Hanya saja, sangat tidak praktis jika setiap login ke
Windows harus memasukan password terus. Sebagai gantinya, kamu bisa
menggunakan PIN, hebat lagi PIN ini tidak butuh menekan tombol "Enter".
#10: Multiple Desktop
Fitur
yang bisa dibilang sebagai fitur paling menarik di Windows 10, yakni
Multi-desktop. Dengan fitur ini, kamu bukan hanya bisa berbagi dan
membedakan aplikasi pada setiap desktop, melainkan hampir mirip seperti
memiliki banyak user yang berbeda namun tetap terhubung dengan cepat.
#11: Pindah Antara Desktop
Kamu
bisa berpindah antara Desktop 1 ke Desktop 2 dengan cara yang mudah,
cukup dengan menekan tombol Task View, di bagian bawah ada beberapa
Desktop yang muncul, kamu juga bisa menambahkan Desktop dengan menekan
tombol "New" yang ada di sebelah kanan.
12: Full Screen Start Menu
Meskipun
Windows 10 hadir dengan Start Menu yang sudah diperbaharui, namun
mereka tetap tidak menghilangkan Start Menu dengan gaya full screen.
Buktinya, kamu tetap bisa mengaktifkan Start Menu secara full screen.
Buka Personalization > Start > (Centang) Use Start full screen.
Indonesia
kaya akan sumbera daya alam terutama dari hasil pertambangannya.
Pengertian pertambangan: Pertambangan pada dasarnya adalah usaha
Pemanfaatan sumber daya alam berupa barang-barang galian yang terkandung
di dalam dan dipermukaan bumi. Ada banyak jenis-jenis benda yang
disebut barang tambang, dihasilkan dari pertambangan di tanah air kita
antara lain :
Jenis-jenis barang tambang antara lain dapat dilihat berikut ini : 1. Minyak Bumi
Minyak
bumi didapatkan dengan cara mengebor permukaan jbumi di darat atau di
laut. Minyak kemudian di pompa keluar dan dialirkan melalui pipa-pipa
panjang ke kilang penyulingan. Minyak mentah yang bentuknya seperti
lumpur cair halrus disuling lebih dahulu sebelum dapat digunakan.
Pengeboran
minyak di laut dilakukan di daerah landasan benua dan disebut
pengeboran lepas pantai. Anjungan pengeboran harus dibangun di atas
permukaan laut. Di atas anjungan ini pompa-pompa berkerja siang malam.
Minyak mentah ditampung di tangki-tangki terapung, kemudian diangkut
dengan kapal tangki kekilang penyulingan. Pengeboran minyak di laut
lebih sukar dari pada di darat. Penyelam-penyelam yang ahli diperlukan
untuk memasang pipa-pipa dan alat-alat pengeboran di dasar laut.
2. Gas Bumi
Hampir
setiap pengeboran minyak bumi menghasilkan minyak bumi atau gas alam.
Tetapi sering kali hasilnya sedikit dan tidak ekonomis, sehingga gas ini
dibuang saja, yaitu dengan cara membakarnya. Pada tahun 1971 di ladang
Arun Aceh ditemukan cadangan gas bumi dalam jumlah besar, penemuan ini
segera diikuti oleh pernemuan lainnya di ladang Badak, Kalimantan Timur.
Hasil
pengeboran gas bumi ditampung lalu dicairkan. Gas bumi yang cair
disebut LNG (Liquefied Natural Gas). Sebuah kilang LNG telah didirikan
di Bontang, Kalimantan Timur. Ekspor pertama LNG Bontang terlaksana pada
tahun 1977, dan LNG Arun pada tahun 1987. Ekspor tersebut terutama
ditujukan ke Jepang dan Korea Selatan.
3. Batu Bara
Indonesia
mempunyai persediaan batu bara diperkirakan mencapai lebih dari 5
milayar ton. Tetapi kebanyakan mutunya kurang baik karena termasuk batu
bara muda. Persediaan batu bara terdapat di Sumatra Selatan, Sumatra
Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan semenanjung
Cendrawasih di Irian Jaya.
Produksi batu bara Indonesia pernah
mencapai 1 juta ton pada tahun 1941. Sesudah kemerdekaan produksinya
sangant menurun, karena penggunaan batu bara sebagai bahan bakar diganti
dengan minyak bumi. Pada tahun 1981 produksi batu bara tercatat
sebanyak 350.000 ton. Sekarang pemerintah berusaha meningkatkan
pemakaian batu bara sebagai bahan bakar, terutama untuk meningkatkan
pembangkit listrik tenaga uap, industri semen, dan peleburan biji logam.
4. Timah
Timah
yang berbentuk biji timah ini terdapat pada batuan granit. Batuan ini
hancur akibat pelapukan dan erosi air, hancurnya diangkut oleh air
sungai, lalu diendapkan di palung sungai atau di dasar laut. Untuk
mengambil bijih timah dari laut digunakan kapal keruk besar. Lumpur yang
mengandung bijih timah, yaitu bijih timah dengan kadar tinggi.
Konsentrat timah harus diolah lagi hingga menjadi logam timah. Bijih
timah yang masih terdapat di bukit-bukit dan merupakan bagian dari batu
Granit, diperoleh dengan cara menghancurkan batuan Granit tersebut.
Hancuran granit ini lalu dicuci dengan air untuk memperoleh konsentrat
timah.
Timah digunakan untuk membuat kaleng, tube, bahan pelapis
besi agar tidak berkarat, dan untuk patri. Logam ini sangat lunak,
sehingga dapat dibuat sangat tipis serupa kertas. Kertas timah dipakai
untuk pembungkus rokok, permen, coklat dan sebagainya.
Indonesia
adalah negara penghasil timah keempat di dunia, setelah Malaysia,
Bolivia, dan Thailand. Penambangan timah dilaksanakan di pulau Bangka,
Singkep, Benakinang dan Riau Daratan.
Pengolaha bijih timah
menjadi logam timah dilaksanakan oleh perusahaan timah Bangka, pabriknya
terdapat di Muntok. Sebagian besar timah Indonesia diekspor ke
Singapura dan negara-negara Eropa Barat. Sisanya digunakan oleh
perusahaan-perusahaan dalam negeri.
5. Bijih Besi
Besi
sangat dibutuhkan untuk segala macam kebutuhan. Pada zaman modern, loga
besi hampir tidak pernah tertinggal dalam semua kegiatan belajar
manusia, misalnya di lingkungan banyak kegiatan belajar yang menggunakan
besi.
Di Indonesia terdapat banyak tempat yang mengandung biji
besi, yaitu di Sumatra Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi
Tenggara, Irian Jaya dan Jawa Barat. Tetapi penambangan dan peleburan
belum dapat dilaksanakan secara besar-besaran, karena kekurangan batu
bara dari jenis yang baik. Sebagian batu bara Indonesia dipakai untuk
mencukupi kebutuhan bahan bakar PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan
Pabrik semen.
6. Tembaga
Tembaga
sangat diperlukan terutama untuk peralatan listrik karena dapat
menghantarkan listrik yang baik. Tembaga juga dipakai untuk membuat
kuningan dan serta berbagai keperluan lainnya.
Di Indonesia,
penambangan tembaga secara besar-besaran baru dilaksananak di Irian
Jaya. Penambangan modern ini didirikan oleh perusahaan Freeport dari
Amerika Serika pada tahun 1972. Mereka juga membangun kota Tembagapura
pada ketinggian 2500 m di atas permukaan laut. Tempat pembuangannya
terletak pada ketinggian 3500 m di lereng Pegunungan Sudirman. Bijih
tembaga di Irian Jaya juga mengandung bijih emas dan perak.
Bijih
tembaga diolah menjadi konsentrat di pabrik pelabuhan di Tembagapura.
Konsentrat tembaga kemudian diangkut melalui pipa sepanjang 100 km lebih
kepelabuhan Amamapare. Sebagian besar hasil diekspor ke Jepang.
7. Mangan
Logam
Mangan berwarna hitam dan berat. Mangan diperlukan untuk membuat batu
baterai dan untuk campuran besa dalam pembuatan baja. Penambangan mangan
dilakukan di Karangnunggal, dekat Tasikmalaya, dan KUlonprogo.
Yogyakarta. Batu gunung yang banyak mengandung mangan diambil, lalu
diolah di pabrik untuk diambil manganya. Pabrik pengolahan ini masih
memakai cara kerja sederhana.
Sebagai hasil mangan dipakai dalam industri baterai dan selebihnya di ekspor ke Jepang dan Belanda.
8.
Bauksit
Bauksit adalah bijih
alumunium. Logam alumunium sangat banyak kegunaannya. Karena ringan dan
tidak mudah berkarat. Alumunium dipakai untuk membuat badan pesawat
terbang, kapal laut, alat-alat dapur, perkakas rumah tangga, uang logam
dan sebagainya.
Bauksit diperoleh dalam bentuk lumpur basah.
Lumpur ini dikeruk dengan alat-alat modern, kemudian dicuci. Untuk
melebur bauksit menjadi logam alumunium diperlukan tenaga listrik yang
sangat besar.
Daerah penambangan bauksit adalah Pulau Bintang dan
Pulau Koyang di Kepulauan Riau. Di Kalimantan Barat jug terdapat
bauksit, tetapi penambangannya belum diusahakan. Pabrik peleburan
bauksit pertama di Indonesia terlah dibangun di Sumatra Utara, dengan
mendapat tenaga listrik dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Asahan. Sebelum pabrik ini berfungsi, semua bauksit diekspor untuk
dilebur di luar negeri.
Ekspor bauksit terutama ditujukan ke
Jepang. Dengan adanya pabrik peleburan bauksit di Sumatra Utara, bauksit
dapat diolah di dalam negeri dan diekspor dalam bentuk almunium.
9. Nikel
Logam
nikel berwarna putih dan kelabu, keras seperti besi dan tidak mudah
berkarat. Nikel dicampur dengan besi agar besi lebih baik mutunya, atau
menjadi baja. Nikel juga dicampur dengan logam lain, misalnya tembaga,
untuk membuat kuningan dan perunggu. Selain itu nikel digunakan sebagai
bahan pembuat uang logam.
Daerah utama penghasil logam nikel
adalah Soroako Sulawesi Selatan dan Pomala di Sulawesi Tenggara.
Penambangan secara terbuka dilakukan di Soroako, yang dilengkapi dengan
pabrik peleburah modern. Pabrik ini didirikan bekerja sama dengna
perusahaan Kanada. Bijih nikel di sini mengandung logan nikel 2% - 4%
tetapi setelah dilebur kandungan nikelnya dapat mencapai 75%. Bijih
nikel yang telah dilebur diekspor ke Jepang.
10. Emas dan Perak
Logam
emas merupakan cadangan kekayaan suatu negara. Selain itu logam emas
dan perak juga dijadikan perhiasan, uang logam, barang kerajinan dan
harta simpanan.
Emas dan perak diperoleh dengan cara menumbuk
sampai hancur batu yang mengandung logam ini. Hancurnya lalu dilimbang
(didulang) dengan air. Emas dan perak mengendap dan dapat diambil dengan
mudah. Cara lain adalah dengan mengeruk pasir dan lumpur sungai yang
mengandung emas dan perak. Pasir dan lumpur ini lalu dilimbang dengan
air untuk mengendapkan emas dan peraknya.
11. Aspal Alam
Satu-satunya
penghasil aspal alam di Indonesia adalah Pulau Buton di Sulawesi
Tenggara. Penambangan oleh perusahaan Buton Aspla, yang di bawahi
Departemen Pekerjaan Umum. Produksi aspal alam Pulau Buton terus
meningkat dari tahun ke tahun.
12. Belerang
Belerang
didapatkan dari sekitar gunung berapi. Tempat-tempat yang banyak
menghasilkan belerang ialah Gunung Tankubanperahu, Talaga Bodas, dan
Ciremai di Jawa Barat. Pengunungan Dieng di Jawa Tengah, gunung
Sorikmarapi di Sumatera Utara dan gunung Makawu di Sulawesi Utara.
Belerang banyak digunakan dalam industri kimia, korek api, dan ban
mobil.
13. Fosfat
Fosfat dihasilkan dari
bekas-bekasa gua pada pegunungan kapur. Dahulu kala gua-gua tersebut
dihuni oleh kelelawar. Tumpukan kotoran kelelawar akhirnya berubah
menjadi fosfat.
Fosfat merupakan bahan utama untuk pembuatan
pupuk yang mengandung fosfor. Fosfat banyak ditemukan di
pegunungan-pegunungan kapur di Jawa.
14. Batu Gamping
Batu
gamping atau batu kapur banyak digunakan untuk bahan bangunan, bahan
utama pembuatan semen dan bahan ikan pada peleburan bijih besi. Kapur
juga berguna sabagai pupuk tanah yang kekurangan zat kapur. Tanah
semacam itu banyak dijumpai di daerah bekas rawa.
Batu gamping
dihasilkan dari bukit atau pegunungan kapur di pulau-pulau di Indonesia
seperti Pulau Jawa, Sumatra utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara,
Bali bagian selatan, dan Irian Jya bagian selatan. Batu Gamping juga
dapat diambil dari batu-batu karang di dasar laut dangkal di dekat
pantai.
Cara pengambilan batu kapur disebut penggalian, bukan
penambangan, karena orang hanya perlu menggali bukit-bukit kapur dan
karang pantai, lalu mengangkut hasilnya. Batu kapur untuk bahan bangunan
harus dibakar terlebih dahalu,. Batu gamping adalah bahan utama untuk
membuat semen.
15. Batu Pualam
Batu pualam atau
marmer berasal dari batu kapur yang telah berubah bentuk, karena
mendapat panas tinggi dan tekanan besar. Batu pualam digunakan untuk
lantai dan lapisan tembok bangunan. Batu pualam juga dapat diukir
menjadi patung.
Penggalian batu pualam dilakukan di Trenggalek
dan Tulungagung (Jawa Timur), dan dekat Banjarnegara (Jawa Tengah). Batu
Pualam diperoleh dengan cara mengambil bungkah-bungkah batu pualam dari
bukit-bukit, lalu bungkah ini digergaji menjadi lempengan sesuai dengan
bentuk yang dikehendaki. Kemudian diasah sehingga menjadi mengkilap.
16. Intan
Intan
adalah yang paling keras di antara batu-batu yang ada dipermukaan bumi.
Oleh karena itu intan dapat dipakai untuk mata bor dalam penggalian
bahan tambang. Tetapi karena keindahannnya, intan kebanyakan dijadikan
batu permata.
Penggalian atau pendulangan intan dilakukan dengan
cara menggali tanah, yang kemudian dilimbang dengan air, intan dicari
diantara tanah pasir dan kerikil hasil galian tersebut. Intan yang
diperoleh masih merupakan intan mentah. Setelah digosok baru menjadi
intan permata.
Daerah Cempaka Martapura di propinsi Kalimantan
Selatan merupakan tempat pendulangan intan yang paling terkenal di
Indonesia. Pendulangan ini dilakukan oleh penduduk setempat dengan cara
sederhana. Usaha penggosokan intan menjadi permata juga terdapat di Kota
Martapura kalimatan selatan ini.
17. Bahan Galian Industri lainnya:
Kaolin,
tergolong bahan industri yang penggunaanya sangat luas dalam industri
keramik, bahan tahan api, genteng, batu merah, industri semen, dan
sebagainya.
Endapat kaolin terdapat di Jawa, Sumatera (Bangka, Belitung), Kalimantan, dan Sulawesi.
Pabrik pengolahan kaolin terdapat di Tanjung Pandang (Belitung) yang diusahakan oleh PT. Kaolin.
Pasir
kuarsa, digunakan sebagai bahan baku dalam industri gelas, keramik,
alat-alat penggosok (amplas), filter (saringan), industri semen, dan
batu tahan api. Bahan galian terdapat di beberapa tempat yaitu, Jawa,
disepanjang pantai disebelah utara Bojonegoro dan Tuban, Madura di
pantai utara, pantai Sumatra bagian timur, Bangka, Belitung, dan
Lampung, Kalimantan, Balikpapan, Martapuran, dan Kutai.
Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani "Computare"
yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com
berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare
berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris:
"To Compute" yang artinya menghitung.
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung”
yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada
tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk”alat hitung mekanis”. Dan
secara umum definisi komputer pernah dipakai untuk mendefinisikan dengan
menggunakan atau tidak menggunakan alat bantu yang melakukan
perhitungan aritmatika. Pada perang dunia ke ll, kata komputer sendiri
dipakai oleh para pekerja wanita Inggris dan Amerika Serikat untuk
menghitung jalan altileri perang menggunakan mesin hitung. Ada sebuah
desain mesin hitung pertama kali yang disebut dengan mesin analitikal
yang didesain oleh Charles Babbage. Dan ada juga slide rule yang
merupakan alat mesin sederhana yang bisa dikatakan sebagai komputer.
Definisi
komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang
mengolah informasi. Ada juga pengertian yang lainnya tentang komputer
yang dipakai selama bertahun-tahun, dan ada juga beberapa kata yang
mengandung arti komputer. Sehingga dalam pengertiannya terdapat pula
seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide
rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer. Jadi Komputer juga
dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan
perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan
terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya
menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta
dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya
(mesin)”.
Menurut pengertian di atas, Komputer terdiri dari
sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam
kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara
perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau
program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling
tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu
sistem.
Definisi komputer di atas sudah mewakili beberapa alat
khusus yang hanya dapat memperhitungkan satu atau memiliki beberapa
fungsi. Dengan pemrograman yang benar, sehingga semua komputer dapat
mengolah sifat apapun(biasanya dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan
kecepatan yang berbeda merupakan hal yang membedakan antara komputer
modern(sekarang) dengan komputer yang lebih awal. Dan dijamin mesin yang
akan kita ciptakan dapat meniru alat perkomputeran pada masa depan,
meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.
Dalam sebuah pengertian dan definisi komputer secara umum adalah alat yang istimewa yang lebih awal atau tes yang
berguna mengenali komputer. Pengertian
secara umum merupakan salah satu dari persyaratan bahwa komponen suatu
mesin harus sama dengan mesin Turing universal. Mesin yang sama dengan
Turing universal ini merupakan mesin yang diproduksi pada tahun 1940
yang berada di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Dan mesin
ini dikenal sebagai mesin Turing terlengkap. Untuk lebih jelasnya,
lihatlah artikel sejarah komputer.
Ada beberapa komputer yang
masih menggunakan arsitektur Von Neumann pada tahun 1940 yang diusulkan
oleh John von Neumann. Ada beberapa definisi komputer dengan 4 bagian
utama yang diarsitekturi oleh Von Neumann, yaitu alat masukan dan
hasil(secara kolektif dinamakan I/O), memori, unit kontrol dan Unit
Aritmatika dan Logis(ALU). Dan pada tahun 1940 teknologi pada komputer
digital sudah berganti hingga menjadi yang lebih canggih lagi.
Berikut Definisi Komputer Menurut pandangan dan pendapat Para Ahli:
Menurut: Donald H. Sanderes, 1985
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki
kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan
diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu
langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan
di didalam penyimpannya (stored program).
Menurut: Robert H. Blissmer, 1985
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang
memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input,
memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam
bentuk informasi.
Menurut: Larry Long dan Nancy Long
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang
bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa
input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.
Menurut: Elias M. Awad
Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat
memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data
analog.
Menurut: William M. Fuori Fauri berpendapat,
komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan
operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Menurut: Williams, Sawyer
Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna
yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar
kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat
kita gunakan
Demikian pengertian dan definisi komputer
baik secara etimologis maupun pengertian komputer menurut para ahli
yang memiliki pemahaman yang tidak berbeda jauh. Masing-masing pendapat
di ungkapkan dalam buku mereka dan di terbitkan pada tahun yang berbeda
karena itu definisi dan pengertiannya pun sesuai dengan perkembangan
jaman dimana para ahli tersebut berada. Semoga bermanfaat. terimakasih.
Sumber : disarikan dan diadaftasi dari berbagai sumber
Semakin banyak Perusahaan
Telekomunikasi di Indonesia yang bersaing dan memiliki keunggulan masing –
masing. Salah satu contoh adalah TELKOMSEL. Dikenal sebagai provider GSM pertama
di ASIA, tentu saja Telkomsel tak luput dari Sejarah dan “Simbol Logo” yang
dibuat memiliki arti tersendiri.
Semakin modern Negara
Indonesia, semakin berkembangnya pula Perusahaan ini dengan menjadikan dirinya
salah satu provider terbaik di Indonesia. Maka dari itu, saya akan menjabarkan
Sejarah, Simbol Lambang, & Perkembanganya hingga kini dari sumber-sumber
yang tersedia.
oSEJARAH
TELKOMSEL
Telkomsel
merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia yang
pernah meluncurkan layanan pasca bayar pertamanya sekitar tanggal 26 Mei 1995.
Pada saat itu kepemilikan saham Telkomsel dikuasai oleh PT. Telkom (51%) dan
PT. Indosat (49%), dan Telkomsel pernah berhasil menjadi sebuah operator
seluler pertama yang menawarkan layanan prabayar GSM di ASIA pada November
1997. Beginilah sejarah Telkomsel selanjutanya.
Sepanjang
sejarah Telkomsel, operator ini memiliki 3 produk GSM, yaitu simPATI
(Prabayar), kartuAS (Prabayar, kartuHALO (Pasca bayar). Saat ini saham
Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura
SingTel (35%). Telkom merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki
oleh pemerintah Replubik Indonesia, sedangkan SingTel merupakan perusahaan yang
mayoritas sahamnya dimiliki oleh pemerintah Singapura. Pada tahun 1995, secara
resmi Telkomsel mendapat izin untuk memberikan jasa telekomunikasi selular
GSM-nya secara resmi, setelah sebelumnya sukses sebagai pilot project Telkom
dalam proyek percontohan GAM do Batam. Berbeda dengan operator lain, sejarah
Telkomsel dilanjutkan dengan mulai membangun jaringan dan meyani pelangganya
dari luar jawa seperti dari Batam, Medan dan daerah – daerah lainya. Lalu pada
tahun 1996, Telkomsel mulai beroperasi di ibu kota Jakarta dan berhasil
melayani seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya
pengoperasian layanan Telkomsel Ambon dan Jayapura.
Setelah
berhasil meluncurkan produk pasca bayarnya kartuHALO, Telkomsel kembali menjadi
operator yang mempolopori kartu prabayar isi ulang di Asia dengan meluncurkan
produk pertamanya simPATI. Kartu simPATI tersebut diluncurkan saat krisis
ekonomi melanda yaitu sekitar tahun 1997, karena hal itu pula Telkomsel
memberikan solusi kepada para pengguna jasa seluler untuk melakukan
pengontrolan anggaran komunikasinya. Hal yang mengejutkan, Telkomsel berhasil
mendapatkan sertifikat ISO 9002 untuk Costumer Service On-line dari PT Tuv
Rheinland Jerman, dimana hal tersebut juga berarti menandai layanan pelanggan
Telkomsel bahwa mereka telah memenuhi standarisasi mutu internasional.
Pada tahun
1998, Telkomsel membuat program baru untuk mengembangkan jaringanya dengan
mencanangkan Word Class Operator sebagai tolak ukur standar yang dimilikinya.
Positionin baru unutk kartu prabayar Telkomsel yang dinamai dengan simPATI Nusantara
tersebut bermottokan “simPATI tetap terkendali”. Kartu simPATI sebelumnya hanya
bisa digunakan di area registrasinya saja, namun kini simpati bisa digunakan di
seluruh wilayah di Indonesia.
Pada tahun
2000 Telkomsel juga mempolopori layanan Mobile Banking di Indonesia yang
bekerja sama dengan bank Panin. Hal ini merupakan salah satu inovasi Telkomsel
dalam mengintegrasikan system teknologi telekomnikasi dan informasi dalam
system Banking. Sekitar akhir bulan Maret 2009, Telkomsel berhasil memiliki
pelanggan sekitar 72,1 juta orang berdasarkan statistic industry yang mewakili
pangsa pasar dengan perkiraan sekitar 50%. Telkomsel menyediakan layanan
selular di Indonesia melalui produk dual band GSM 900-1800 MHz, jaringan 3G
serta jaringan Internasional melalui 341 Mitra Proaming Internasional di 180
Negara (menurut catatan akhir Maret 2009). Pada September 2006 pun di Telkomsel
berhasil menjadi operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan
jaringan 3G.
Sungguh
sangat beragam dan lika liku perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Berbagai
keberhasilan pun secara perlahan dan pasti membawa Telkomsel dan Apple South
Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G di Indonesia pada tanggal 20 Maret 2009
lalu. Ini merupakan salah satu kesuksesan Telkomsel lainya yang pastinya sangat
membanggakan para pelanggan setianya.
Operator
Telkomsel disebut-sebut memiliki jangkauan jaringan terbesar di Indonesia,
dimana menyediakan jangkauan jaringan yang mencapai lebih dari 95% persen dari
jumlah penduduk Indonesia dan di klaim bahwa Telkomsel merupakan satu – satunya
operator di Indonesia yang mencakup seluruh Negara, Provinsi dan Kabupaten,
baik Kecamatan yang ada di Sumatera, Jawa, mapun Bali. Perusahaan Telkomsel ini
menawarkan GSM dual band (900 dan 1800), GPRS, WiFi,Edge dan teknologi 3G.
Slogan yang
dimilki oleh PT telkomsel adalah “Begitu Dekat Begitu Nyata”. Dengan slogan ini
diharapkan dapat menjadiakn Telkomsel sebagai perusahaan jasa telekomunikasi
bergerak yang paling banyak jumlah pelangganya serta selalu mengutamakan
kualitas dan ketersediaan kapasitas jaringan terluas dalam menyediakan jasa
pelayanan yang terbaik kepada pelangganya.
oSIMBOL LAMBANG TELKOMSEL
§Lingkaran
Elips Horizontal
Lingkaran yang membelah heksagon tersebut
melambangkan penyelenggara jasa telekomunikasi domestik (PT.Telkom).
§Lingkaran Elips
Vertical
Melambangkan penyelenggaraan jasa telekomunikasi
Internasional di Indonesia (PT.Telkom) sebagai salah satu “The Founding Father”.
§Heksagon Merah
Melambangkan seluler, warna merah sendiri bermakna
telkomsel berani dan siap menyongsong masa depan dengan segala kemungkinan.
§Heksagon
Abu-Abu Kehitaman
Melambangkan Telkomsel selalu siap mengayomi dan
terus memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan warna abu-abu adalah warna logam
yang berarti kesejukan, luwes, dan fleksibel
§Pertemuan Dua
Lingkaran Berwarna Putih di Atas Heksagon Merah
Melambangkan bentuk huruf ‘t’ sebagai huruf awal
telkomsel. Warna putih pada huruf ‘t’ tersebut mengandung makna keberanian,
keterbukaan, dan transparansi.
oPERKEMBANGAN
PERUSAHAAN TELKOMSEL
Jakarta, 30
Oktober 2014 - Telkomsel meraih hasil yang memuaskan hingga kuartal ketiga (Q3)
2014 dengan mencatatkan pencapaian 139,3 juta pelanggan atau tumbuh 8,9% YoY
(Year on Year) dan pertumbuhan di segala lini bisnis baik digital (mobile
broadband dan digital services) maupun bisnis suara dan SMS. Hal ini menjadikan
Telkomsel selama 3 tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid
dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10% ditengah-tengah industri
telekomunikasi yang telah mature. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan
baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55% dan net INCOME di atas
28%.
Direktur
Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengatakan, "Pencapaian ini merupakan buah
kepercayaan dan dukungan pelanggan serta seluruh stakeholders, sehingga
Telkomsel dapat terus menjadi yang terdepan memimpin industri telekomunikasi
selular tanah air dan dapat terus berkontribusi kepada bangsa Indonesia, salah
satunya dengan menjadi pembayar pajak terbesar bagi negara."
Catatan
yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar
32,5% YoY, dimana mobile broadband tumbuh 32.9% YoY dan digital services tumbuh
28.4% YoY. Trafik data juga naik tajam 146.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Di
saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan
suara sebesar 7,2% YoY dan SMS sebesar 2,8 YoY.
"Kami
akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi
terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan
layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya
agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Hingga kini
kami telah menjangkau lebih dari 95% dari total poulasi Indonesia, membangun
369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83,000 BTS dimana
37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G", ujar Alex.
§Percepat
Terbentuknya Masyarakat Digital Indonesia
Saat ini
Telkomsel memiliki 63.5 juta pelanggan data atau lebih dari 46% total
pelanggannya. Selain itu saat ini Telkomsel memiliki 35.4 juta pelanggan
pengguna smartphoneyang
merepresentasikan 25% dari total pelanggan. Untuk meningkatkan penggunaan
mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi
bertajuk "Indonesia Genggam Internet". Program ini diharapkan akan
dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat
positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.
Dalam
menjaga leadership di industri telekomunikasi selular tanah air, Telkomsel
selalu merespon terhadap perubahan teknologi yang terjadi dengan sangat cepat.
Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk
memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Telkomsel pun sebelumnya telah
sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta
dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan
ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.
"Telkomsel
menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal utama. Kunci utamanya adalah
memberikan layanan yang prima. Hingga saat ini pelanggan telah dilayani melalui
lebih dari 400 kantor pelayanan Telkomsel atauGraPari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan268 mobile GraPari yang siap menembus daerah
pelosok sekalipun, serta Call Center yang bersertifikasi ISO 9001:2008",
tutup Alex.
Selain
pertumbuhan pendapatan yang baik, kepercayaan akan kualitas layanan Telkomsel
juga mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga nasional dan internasional
antara lain sebagai Indonesia Mobile Service Provider of the Year dari
Indonesia Service Excellence Awards 2014, Best Customer Support Channels dan
Best Services dari Frost and Sullivan Asia Best Practives in Customer
Experience Awards, dan sebagai Operator of The Year Serta Best Digital Service
dari Selular Award 2014.
Kinerja yang telah dicapai
adalah hasil kerja keras dan dukungan seluruh pemangku kepentingan termasuk
masyarakat luas. Telkomsel memahami pertumbuhan perusahaan juga harus diiringi
dengan pertumbuhan masyarakat sekitar. Untuk itu beragam program tanggung jawab
sosial telah dilaksanakan yang meliputi bidang pendidikan, social ekonomi,
lingkungan dan kebencanaan.
oKesimpulan
Perjuangan PT Telkomsel ini sangatlah patut
diacungi jempol karena mereka adalah pencipta provider GSM pertama di ASIA.
Karena inovasinya yang sangat bagus, Telkomsel kini menjadi kartu provider
favorite masyarakat Indonesia karena jangkauan pun yang luas dan mendapatkan
kerja sama dari Apple South Asia Ltd untuk meluncurkan iPhone 3G. Sangatlah
kita bangga atas kerja keras PT Telkomsel ini sehingga dapat mewakili nama
Indonesia memiliki perusahaan telekomunikasi yang terbaik.
Bagaimana cara melihat password WI-FI yang pernah di pakai suatu komputer ? Maka cara ini lah jawabannya, cara ini sangat peraktis karena anda tidak perlu memakan banyak waktu, selalin itu cara ini sangat berguna untuk anda yang lupa akan password WI-FI yang pernah anda pakai, karena password akan tetap tersimpan meski anda tidak melakukan "Connect Automatically" pada jaringan WI-FI. Yang pertama anda harus mendapat akses komputer/laptop korban, karena kita hanya bisa melihat Password WI-FI jika korban pernah menyambung ke WI-FI yang ingin anda lihat Passwordnya. setelah itu silahkan buka Command Prompt lalu ketikan perintah
code netsh wlan show profile name="NAMA_WIFI" key=clear
pada bagian "NAMA_WIFI" silahkan masukkan nama dari WI-FI target anda (tetap pakai tanda kutip), lalu tekan enter. Maka otomatis akan muncul detail info sebuah jaringan WI-FI yang pernah komputer/laptop tersebut pakai, baisanya password akan muncul pada bagian Security settings dengan judul Key Content, contoh pada WI-FI saya dengan nama "host"
Profile information ------------------- Version : 1 Type : Wireless LAN Name : Host Control options : Connection mode : Connect manually Network broadcast : Connect only if this network is broadcasting AutoSwitch : Do not switch to other networks MAC Randomization : Disabled
Connectivity settings --------------------- Number of SSIDs : 1 SSID name : "Host" Network type : Infrastructure Radio type : [ Any Radio Type ] Vendor extension : Not present
Security settings ----------------- Authentication : WPA2-Personal Cipher : TKIP Security key : Present Key Content : 00000000 Cost settings ------------- Cost : Unrestricted Congested : No Approaching Data Limit : No Over Data Limit : No Roaming : No Cost Source : Default Yang berwarna Unggu adalah bagian dimana Password berada dengan judul Key Content, anda juga bisa melihat nama-nama WI-FI yang pernah di sampung ke laptop/komputer korban dengan mengetikan perintah
code netsh wlan show profiles
Maka otomatis akan muncul semua nama-nama WI-FI yang pernah di pakai olah laptop/komputer tersebut, untuk melihat Password dari WI-FI yang anda ingin tahu, cukup Mengetikan perintah seperti tadi (paling atas) dengan memasukan Nama target ke bagian "NAMA_WIFI" pada perintah di atas.
Dalam dunia teknologi informasi kita
sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada
yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat
digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian
dari software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Software
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras,
jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan
disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat
lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang
tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk
dioperasikan.
Pengertian Software komputer
adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh
komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa
program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui
sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak
Software atau perangkat
lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa
macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware,
free software, shareware, adware) .
Software berbayar
Software berbayar merupakan
perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap
pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut
dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya.
pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan
untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas
tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah
sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan
lain-lain.
Freeware
Freeware atau perangkat lunak
gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis
digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu
atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis
seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan
kepada komunitasâ€, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya.
Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan
gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser
dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL
(Free Software).
Free Software
Free Software lebih mengarah
kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya,
namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka
(Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program
di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin,
dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak
mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi.
Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk
mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau
Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free
Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa
Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan
seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas,
sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware
Shareware juga bebas tetapi lebih
dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas
didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna
kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli
versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe
ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya
memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah
hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja
dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat
lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan,
distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah
program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat
lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau
pop-up.
Itulah artikel penjelasan mengenai pengertian software atau perangkat lunak komputer. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu di bidang komputer.
referensi : agussale.com, dan beberapa sumber lainnya
Pengertian Hardware (perangkat Keras) Komputer
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga
dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung
atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi. Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya,
atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan
adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka
hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah
ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan
suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama
membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer
dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras
komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan
storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device
adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan
control section), Output device terdiri dari monitor dan printer,
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM,
Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau
sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen
Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Power Supply Komputer
Power Supply komputer adalah suatu
perangkat yang melakukan penurunan tegangan listrik dari 220V AC menjadi
12 V DC dan 5 V DC dan 3,3 V DC supaya bisa digunakan oleh komputer
untuk menghidupkan perangkat-perangkatnya. Tegangan 3,3 V hingga 5 V DC
digunakan untuk rangkaian digital, seperti prosesor dan lain sebagainya.
Sedangkan tegangan 12 V DC digunakan sebagai penggerak bagi perangkat
seperti drive CD, DVD dan Harddisk atau juga kipas (jika ada). Kapasitas
power supply adalah berdasarkan watt. Watt merupakan hasil pembagian
dari tegangan dalam volt
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke
dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan
mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games
atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,
dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal
input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan
ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program
yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk
memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat
digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen,
light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu : a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna)
untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan
oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah
jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada
keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. keyboard qwerty
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang
bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key. b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah
berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana
penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya
dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah
atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut
dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. perangkat mouse
Mouse Wireless c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model
unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. Touch PadTouch Pad Track BallPointing Stickd. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi
dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor
yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik. perangkat Light Pene. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol
yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Gambar Joy Stick dan Paddle Gamesf. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode. Barcode Readercontoh barcode
Gambar Barcode g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan
kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa
digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan
umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang
beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character
Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital
Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk
koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti
pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital
dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan
alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital
tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam
bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.
Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai
dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video. kamera digitali. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang
akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada
orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini
tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan
suara. headphonej. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan
bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat
X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive
pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan
kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2. Process device (unit Pemrosesan) Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU
power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap
untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas
kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay
biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun
grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja
menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan). RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut
dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data
penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi
informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi
untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu
grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya
tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis
menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk
penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan
menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis
terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA. Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak
dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan
kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah
internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai
komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan
kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk,
ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard
milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan
spesifikasi PC IBM.
3. Output device ( Unit keluaran ) Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena
keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai
ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran
monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari
bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis
dengan layar datar (flat). Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada
komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan
ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer
Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker
adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio
(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Backing Storage ( unit penyimpanan) Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD),
Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk
berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah
satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk
yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri
dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan
putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas
penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi
tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari
satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis
dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk
saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal)
tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan
menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan
proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan†data pada frekuensi
gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa
dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau
udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan
disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal
digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang
digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya,
Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang,
sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara
pemasangannya, sound card dibagi 3:
– Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
– Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot
ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
– Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan
ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire